Address
Desa Tlogoretno RT/RW: 003/001 Lamongan
Phone
081336977929
Email
aryadoank8@gmail.com

Kegiatan LGC di Desa Tlogoretno

Diterbitkan Rabu, 27 Oktober 2021

TLOGORETNO.com – Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, meluncurkan program Lamongan Green and Clean (LGC), pemutaran film dokumenter tentang pemanasan global, serta menggelar pelatihan dan pendampingan program LGC tahun 2020, Selasa (8/11/2020). Program ini bertujuan mewujudkan seluruh pelosok kampung Lamongan menjadi hijau dan bersih, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat bersama-sama pemerintah daerah. Kepala BLH Kabupaten Lamongan, Aris Wibawa menjelaskan, gagasan program ramah lingkungan tersebut berangkat dari konsep bahwa lingkungan yang bersih, sejuk, bersih, dan sehat adalah dambaan setiap orang.

BLH akan menggelar lomba semarak LGC yang dibagi menjadi tiga tahap penilaian. Tahap 100 besar, 50 besar, dan 10 besar yang diikuti oleh seluruh rukun tetangga (RT) di Kecamatan Kota Lamongan, RT di Perumda Deket, instansi, sekolah, dan wilayah kelompok kerja kebersihan. Aris mengimbau agar warga menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah pagi dan sore. Warga dalam program ini harus berpartisipasi dalam penyediaan tanaman dalam pot sebanyak 5-10 tanaman setiap rumah. BLH juga menyusun buku panduan LGC bagi lurah/Kepala Desa dan ketua RT. Upaya itu juga dimaksudkan mendukung Lamongan meraih Adipura lagi. Kampung Tlogoretno di Kecamatan Brondong dijadikan percontohan LGC.

Kemajuan teknologi ternyata berimbas signifikan terhadap kelestarian alam . Bangunan-bangunan yang semakin padat sebagai wujud dari era globalisasi di jaman sekarang. Tapi hal ini justru semakin membuat desa/kel semakin kehilangan Hijaunya.Pemerintah kab Lamongan pada bulan November 2020 sukses meneyelenggrakan  Lomba Bersih dan Hijau (Clean and Green) antar RT se-kab lamongan.

Bila hal ini dibiarkasn anak cucu kita besok tidak akan kebagian apa-apa. Sumber air tanah yang semakin berkurang, peresapan yang tidak bagus karena banyaknya bangunan dari beton, kondisi pepohonan yang kurang hijau dan rindang.

Dari kondisi itu pemkab lamongan melalui DLH kab Lamongan menggelar Lomba Bersih dan Hijau (Clean and Green)se-kab lamongan. program ini untuk mengantisipasi kondisi alam yang semakin tidak karuan. Lomba ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta akan alam sekitar dan rasa peduli dengan alam sekitar kita.

Adapun kriteria penilaian lomba adalah Pengelolaan Sampah, Penghijauan dan Keasrian. Untuk Penghijaun sendiri Tim Juri Lamongan Green n Clean  mencanangkan kembali keserasian tanaman bunga dan kebersiahan lokasi Yang dinilai,Untuk pengelolaan sampah diharuskan adanya pemisahan sampah kering, sampah basah yang bisa didaur ulang dan sampah buang.

Desa Tlogoretno, sudah dari awal memang mencanangkan program Bersih dan Hijau di seluruh RT/RW.sekaligus  berpartisipasi dalam lomba kebersihan tingkat kelurahan mauapun tingkat kabupaten

Menurut penuturan dari PJ Kepala Desa ,Ibu Nurul Khumaidah SH,MM Pemdes selalu aktif melibatkan warga khsusnya RT/RW

untuk berpasrtisipasi dalam lomba green n clean, selain menjaga lingkungan sekitar dengan adanya lomba ini masyarakat menjadi termotivasi untuk peduli akan keindahan kampung. Semoga tahun ini dengan diraihnya juara kategori berkembang ini dapat mewakili Desa Tlogoretno  untuk maju ke tingkat kabupaten hingga tingkat Propinsi

Saat Tim Juri LGC Kab lamongan berkunjung ke desa Tlogoretno,kami sudah mempersiapkan penataan dan beutyfikasi di RT/RW sejak juara kategori perintis tahun 2018,dan alhamdulilah dengan semangat dan kekompakan warga kami RT 01 RW 01 dusun Boho sekarang dapat Juara kategori Berkembang,Celetuk Ibu Nurul Khumaidah SH,MM selaku kordinator penataan lingkungan Desa Tlogoretno kec Brondong.

Mari kita Hijaukan dan bersihkan lingkungan kita untuk anak cucu kita besok. Kita tumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap alam sekitar kita. Itu tujuan yang utama. (pungkas,nya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jam

Pengunjung